Total Tayangan Laman

Senin, 25 Juni 2012

Cara memilih gitar yang baik.



TUNING GITAR
e|-------------
B|------------- fret ke-5 "B" dan nada terbuka pada senar "E" harus terdengar sama
G|------------- fret ke-5 "G" dan nada terbuka pada senar "B" harus terdengar sama
D|------------- fret ke-5 "D" dan nada terbuka pada senar "G" harus terdengar sama
A|------------- fret ke-5 "A" dan nada terbuka pada senar "D" harus terdengar sama
E|------------- fret ke-5 "E" dan nada terbuka pada senar "A" harus terdengar sama

/ - slide up
\ - slide down
. - palm mute
h - hammer-on
p - pull off
~ - Vibrato
^ - bend
r - release bend
T - tap
x - Kill string (stop the string from vibrating)
< > - Pinch harmonic (the number inside reprents the fret)



Cara membeli & memilih gitar yg baik

 
Tapi bila kamu masih awam atau mencari cara supaya waktu kamu beli gitar tidak salah pilih, mungkin tips dan trik berikut akan sedikit membantu kamu okeh…!!
Saat ini banyak merek-merek gitar yang terkenal seperti ibanez, gibson, fender, yang beredar di indonesia, tapi apakah benar2 asli, truz berapa sih harga gitar yang bener-bener asli ?
Apakah gitar yang bagus harus mahal?
tentunya tidak…
truz gimana dong.. cZ aku baru mau beli gitar nih…?
jangan kuatir brow… di sini saya akan memberikan pada kmu “tips dan trik memilih gitar listrik ato elektrik yang bagus”…
ini “trik”nya:

1. Saat kmu masuk dan lihat2 ke dalam toko yang jual alat musik, pilihlah gitar yang kira-kira cocok dan membuat kmu merasa lebih pede dengan pake gitar itu.

2. Sesuaikan budgetdengan gitar yang akan kmu beli, so jangan sampai melebihi budget yang kmu punya kecuali duit kamu berlebih…

3.Setelah anda mendapatkan gitar yang kira2 cocok, cobalah kmu mainkan dan petik, dan rasakan saat digenggam..
apakah lebar neck dan jarak fret ke fret nyaman dengan tangan kiri kamu, soalnya ukuran neck berbeda-beda loh..
apabila dalam genggaman terasa nyaman, maka tangan akan terasa bebas bergerak keatas dan kebawah serasa lihai…

4. Faktor utama adalah kualitas suara, jadi perhatikan suara yang di hasilkan gitar yang akan kamu beli.
Caranya :
Bilang kepada penjaga toko, bahwa Kamu mau mencoba gitar tersebut.
Setelah terpasang pada sound…
Chek Noise pada gitar :
Coba besarkan volume gitar dan tonenya
tapi jangan anda sentuh.
Dengarkan apakah ada suara aneh seperti mendesis atau feed back (seperti suara : wwiiiitttt… kaya tikus kejepit ga ya hehehe…:)
bila itu terjadi maka kamu bisa mengganti dengan gitar yang sejenis, biasanya sih toko punya beberapa stok untuk beberapa model gitar.

5. Sekarang cek kontrol tunenya, coba fullkan putarannya, truz dengerin deh suaranya, apakah terlalu garing atau tidak.

tone yang bagus biasanya memiliki keluaran yang teratur, jadi semakin diputar semakin jelas suaranya….
6. Cek switch, pada gitar biasanya terdapat pick up, ato bahasa kerennya sih spul, untuk fungsinya untu mengubah getaran menjadi suara. Ada berbagai macam gaya pasang pick up, tergantung dari jenis gitar, contohnya: pada gitar fender : 1-1-1
gibson : 1-1
ibanez : 2-1-2
itu juga tergantung jenisnya…

7. Sekarang lihat jarak antara fret dan senar apakah jaraknya terlalu jauh?
apabila ya, maka jangan buru-buru cari yang lain karena pada gitar listrik atau elektrik terdapat setting rahasia supaya jaraknya bisa sesuai…
apabila terlalu jauh maka akibatnya saat kita mainkan akan terasa tanggung, dan keras saat di tekan…
Caranya :
Lihatlah pada neck didekat fret pertama.
Biasanya pada sebuah gitar elektrik ada sebuah lubang yang di tutupi oleh semaca fiber, nah disitulah biasanya dibuka dan di stel supaya benar-benar pas dengan feel kita.
Hanya tinggal kita putar saja dengan kunci L atau kunci ellen.
Tapi tenang saja biasanya si pen jual alat musik yang turun tangan untuk masalah penyetelan, jadi kamu cukup lihat saja… karena kalau belum biasa biasanya orang agak susah membetulkan yang kaya beginian.


Teknik picking pada gitar

Picking adalah memetik gitar ada dua kategori, antara lain :

1. pemetikan gitar akustik dan

2. pemetikan gitar elektrik.

Pada gitar akustik dikenal cara memetik dengan teknik apoyando dan tirando.tapi kali ini ak bakal bahas memetik di gitar elektrik..
Ada 2 istilah yang sering dipakai untuk menjelaskan teknik memetik gitar disini :
yaitu picking dan strumming.  Saya cenderung mengartikan picking sebagai >>  memetik satu senar, dan strumming >>  memetik beberapa senar gitar sekaligus. Pada gitar elektrik kebanyakan pemain gitar menggunakan alat bantu pick untuk memetik gitar.
Dalam konteks teknik picking gitar elektrik ada beberapa teknik picking yang sering dibicarakan, yaitu: downstroke, upstroke, alternate picking, sweep picking, tremolo picking.

1. downstroke(notasi tablature: v): cara memetik dari atas ke bawah

2. upstroke(notasi tablature: ^): cara memetik dari bawah ke atas

3. alternate picking: gabungan dari downstroke, upstroke atau upstroke,downstroke.

Alternate picking adalah picking dengan pola down-up(turun naik) atau up-down(naik turun) pada satu senar. Bisa juga lebih dari satu senar, tapi pengertian dasarnya adalah pick pada satu senar. Teknik ini biasa dipakai para gitaris untuk picking cepat dan juga bermanfaat untuk mengurangi cepat lelahnya tangan akibat dari memainkan jumlah not yang banyak dengan kecepatan tinggi.
Alternate picking masuk kategori right hand techniques. Latihan awal-nya pelan dulu, terus makin lama naikkan temponya semakin cepat, sambil tangan kiri fretting dimanapun pada fret gitar atau los senar juga bisa.
4. sweep picking: gerakan “sapuan” menggunakan pick untuk menghasilkan suara yang cepat dan mengalir, dari atas ke bawah atau sebaliknya, biasa dipakai untuk memainkan arpeggio

5. tremolo picking: satu not dimainkan cepat dan berulang-ulang
Teknik-teknik diatas sering dipakai dalam picking gitar elektrik, pada tulisan-tulisan mendatang, akan banyak kita bicarakan lagi.

6.Hammer on: Caranya jari kamu yang digunakan untuk memukul senar. Bayangkan kamu sedang menekan senar 3 fret 10 dengan menggunakan jari telunjuk tangan kiri. Lalu kamu petik senar tersebut. Tweng,,,. Ketika masih senarnya masih bersuara, segera tekan senar 3 fret 12 dengan menggunakan jari tengah tangan kiri, namun jari telunjuknya jangan dilepas

  
Agar kita mampu membaca dan menulis notasi angka, maka kita harus mempelajarihal berikut yang merupakan dasar-dasar notasi musik:1. Notasi angka2. Notasi huruf 3. Notasi balok

Uraian notasi angka :Penulisan notasi musik dengan notasi angka biasanya dipakai oleh parakomposer dan musisi. Hal ini karena notasi angka lebih mudah dibaca danlebih akrab daripada yang menggunakan notasi balok dan lebih bersahabatdengan para musisi tradisional kita, seperti gamelan jawa, Sumatra, bali, dll.Symbol yang digunakan dalam notasi angka dapat dibagi kedalam 3 kategori,yaitu :1. Simbol-simbol yang beekaitan dengan lambang nada2. Simbol-simbol yang berkaitan dengan irama3. Simbol-simbol khusus

Simbol-simbol yang berkaitan dengan lambang nada :- Angka (0-7), angka 0 sebagai tanda istirahat, angka 1-7 sebagaisolmisasi- Titik, punya 2 fungsi, sebagai oktaf atas/bawah dan sebagaiperpanjangan nada- Garis miring silang nada, garis miring mempunyai 2 bentuk.Garis miring silang ke kanan (tanda bahwa naik ½ nada, sementaragaris miring silang ke kiri (tanda bahwa turun ½ nada) Contoh :  1       24     5      6    1     2     3     5     6Di     ri      fi     si     li du    ru   mu  su   lu

Simbol-simbol yang berkaitan dengan irama

Garis mendatar di atas,  baik yang berupa titik, berperan membaginilai nilai ketukan nada-nada. Oleh karena ini, tanda ini sangat berperandalam  nilai  ketukan  nada,  dan  tanda  ini  sangat  berperanmenggambarkan suatu melodi atau irama. Garis ini membagi nilai nadayang ada dibawahnya.

Garis tegak penentu biarama, garis ini menunjukkan pola irama dantekanan nada yang tepat pada suatu lagu. Pola tetap ini dengan adanyajumalh nilai total ketukan. Garis ini mengapit beberapa not. Nilai biramayang sama, nilai total ketukannya pun sama.

Garis lengkung, biasa dipakai diatas/dibawah nada. Garis lengkungdiatas nada (rangkaian nada yang mempunyai nilai ketukan tertentu).Garis dibawah (nadanya dibunyikan tidak putus-putus)


Simbol-simbol khusus :

Tanda birama

dibandingkan dengan 2 angka yang dibatasi dengangaris miring. Angka depan/atas menunjukan jumlah ketukan dalam  setiapbirama.  Angka dibawah/belakang  menunjukkan  nilai  ketukan  masing-masing satuan nada dalam birama tersebut.

Tanda dinamika

crescendo/decrescendo dilambangkan dengan 2garis yang membentuk sudut lancip. Bagian seudut lancip menunjukansuara  yang  lembut,  sedangkan  bagian/garis  tengah  yang  terbukamelambangkan suara keras. Dengan demikian, arah pergeseran dari titiktemu garis kearah bagian terbuka menunjukkan perkembangan suara darilembut ke keras.Contoh :
< >
 
Crescendo
 
Decrescendo

Fermata

istilah ini berasal dari bahasa italia yang artinya perhentian.Fermata sebagai tanda perpanjangan nada sesuai dengan perasaan yangdiinginkan dirijen, tanda ini umumnya diletakkan  pada akhir lagu.Contoh :

Tempo

tempo selain dinyatakan dalam bahasa italia juga dinyatakandengan jumlah ketukan per menit. Jumlah ketukan ini untuk menyatakancepat atau lambatnya lagu music saat dinyanyikan atau dimainkan.Tanda tempo biasanya ditempatkan dipojok/sudut kiri atas dalam partiturlagu atau music baik notasi angka maupun notasi balok.Alat  untuk  menentukan  kecepatan  lagu  M.M  (metronome  maizel)diciptakan oleh johan nepomumaizel dari Switzerland pada tahun 1755

Contoh tempo :1. Largo : lambat, berat, lebar2. Adagio, lento : lambat, tegas, perlahan-lahan3. Andante : langkah orang berjalan, sedang4. Allegro : cepat5. Presto : cepat sekali6. Moderato : sedang7. Canbrio : semangat, berapi – api8. Agitato : riang, gembira9. Condolore : dengan sedih10.Marcia : Langkah orang berbaris11.Maestoso : hikmad12.Dolce : manis

Contoh tempo lambat :1. Grave : sangat lambat, hikmat (M.M 40-44)2. Largo : lambat, lebar, agung (M.M 46-50)3. Adagio  : lambat, tenang, namun lebih cepat dari largo(M.M 52-54)4. Lento : lambat (M.M 56-58)

Contoh tempo sedang :
 
  
1. Largetto : lebih cepat dari largo (M.M 60-63)2. Andante : sedang, langkah santai (M.M 72-76)3. Andantino : langkah ringan (M.M 77-78)4. Maestoso : agung dan mulia (M.M 88-92)5. Moderato : sedang (M.M 96-104)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar